Kamis, 29 April 2010

KEUNIKAN FISH SPA

Konon, terapi seperti ini bermula ketika ada sepasang kakak beradik dari Turki yang mencelupkan kakinya ke sebuah sungai yang berisi ikan jenis Garra Rufa. Tiba-tiba, puluhan ikan tersebut mengerubungi kakinya. Rasanya tak sakit, menggelitik, dan hasil akhirnya, justru membuat kulit terlihat lebih bersih. Bukan sembarang ikan, ikan Garra Rufa atau yang biasa dikenal dengan Nibble Fish ini memiliki kemampuan supernatural. Ikan ini dapat bekerja secara alami sebagai dokter bagi manusia. Caranya yaitu dengan memakan sel-sel kulit mati. Karena itu beberapa profesor di Turki memberi julukan ikan Garra Rufa ini sebagai Doctor Fish.
Ikan Garra rufa aslinya hidup di sungai-sungai di negara Timur Tengah seperti Turki, Syria, Iran dan Irak. Umur 4-6 tahun panjangnya mencapai 12 cm. Ikan yang digunakan untuk terapi adalah ikan yang masih kecil berumur 3-6 bulan, umumnya memiliki panjang 1.5 hingga 2 cm. Ikan ini dapat hidup pada air dengan suhu 0 hingga 43 derajat celsius. Pada masyarakat Turki,spa dengan ikan ini telah dikenal sejak 200 tahun yang lalu.
Pertama kali memasukkan kaki, Anda akan merasakan geli dan setrum kecil akibat "serbuan" ikan ini. Karena jenis ikan ini tidak memiliki gigi, maka tidak berbahaya dan melukai kaki Anda. Mereka akan terus menempel untuk memakan sel kulit mati pada kaki Anda. Saat menghisap kulit mati, ikan Garra Rufa juga akan mengeluarkan air liur yang mengandung sejenis enzim dithranol (anthralin) yang akan merangsang pertumbuhan kulit baru.
Karena memakan sel kulit mati yang ada, maka kaki Anda akan lebih bersih, terasa lebih halus dan dipercaya dapat mengobat penyakit kulit tertentu seperti eksem kering dan psoriasis (kulit merah dan bersisik). Saat menghisap kulit mati, ikan Garra rufa juga akan mengeluarkan air liur yang mengandung sejenis enzim dithranol (anthralin) yang akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Manfaatnya, akan mengurangi rasa gatal pada kulit dan menyamarkan noda bekas luka.
Selain untuk kecantikan dan kesehatan kulit, ikan ini juga dapat memberikan efek positif lainnya untuk tubuh. Saat ikan-ikan ini menyedot kaki kita, kaki akan merasakan setruman-setruman kecil yang dihasilkan dari kerumunan ikan yang dapat merangsang titik-titik akupuntur pada telapak kaki dan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, terapi hendaknya dilakukan secara teratur 2 sampai 3 kali seminggu selama 3 bulan.
Melihat ikan yang berlarian dan sigap menyedot kulit mati dapat membuat perasaan rileks. Belum lagi rasa geli akibat isapan mulut ikan-ikan kecil ini. Anda pasti dapat merasakan perasaan nyaman yang akan membuat Anda santai.
Jadi, selain kesehatan fisik, kesehatan dan ketenangan pikiran juga dapat Anda nikmati. Pada tempat spa tertentu, Anda tidak hanya dapat memasukkan kaki saja untuk diserbu ikan Garra rufa, tetapi Anda dapat mencoba untuk berendam seluruh badan sambil merasakan sedotan lembut bayi ikan Garra rufa ini.
Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh melalui terapi ikan Garra Rufa:
• Membantu pengelupasan kulit mati sehingga proses regenerasi kulit akan semakin baik sehingga didapatkan kulit baru yang lebih halus dengan cepat.
• Meningkatkan penyerapan kelembaban kulit.
• Memperlancar peredaran darah dalam tubuh melalui titik-titik akupuntur yang ada di telapak kaki.
• Diyakini dapat mengurangi dan mengaburkan bekas luka.
• Membantu penyembuhan mereka yang menderita penyakit kulit seperti psoriasis.
• Menghadirkan sensasi relaksasi dan menghilangkan stress.

Sumber : kumpulan.info/sehat/.../229-fish-spa-dengan-garra-rufa.html
carahidup.um.ac.id › Hidup Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar